DSG yang memiliki kepanjangan Direct Shift Gearbox adalah
teknologi yang diluncurkan oleh VolksWagen (Jerman, mobil rakyat) dan
perkenalkan pertama kali kepada khalayak luas pada tahun 2003. DSG yang pertama
kali diaplikasikan pada mobil VW Golf MK4 R32 ini memadukan segala keuntungan
transmisi manual yang dikemas kedalam transmisi otomatis. Masih bingung apa
yang penulis maksud??? Okay, mari kita bahas satu per satu.
Apa yang menjadi keunggulan pada transmisi manual dibanding
dengan transmisi otomatis konvensional? Bensin lebih irit, lebih bertenaga,
akselerasi lebih cepat, dan lebih kuat.
Namun, apa yang menjadi keunggulan transmisi otomatis
konvensional dibanding dengan transmisi manual? Pengemudi tidak cepat lelah
(tanpa pedal kopling), lebih memudahkan pengendara saat di tengah lalu lintas
yang macet.
Nah, melihat dari kedua
sisi inilah yang membuat Volkswagen menciptakan DSG dengan segala keunggulan
transmisi manual. Apa yang ada didalam DSG??? Lets find it out.
Konstruksi
Dilihat dari sisi konstruksilah yang membuat penerusan tenaga
yang dihasilkan mesin mampu diteruskan secara penuh 100% langsung menuju
transmisi, hal ini bisa terjadi karena yang awalnya menggunakan torque
converter dialihkan menggunakan plat kopling. Hal ini diadopsi dari kopling
yang digunakan pada transmisi manual. Hal ini sangat berbeda dengan transmisi
otomatis konvensional yang masih menggunakan torque converter yang tidak dapat
meneruskan tenaga secara 100% atau 1:1. DSG juga menggunakan kopling ganda /
twin clutch dalam pengoperasiannya ini membuat proses perpindahan gigi menjadi
tidak ada hentakan dan berlangsung dengan sangat cepat karena kopling pertama
melayani setiap gigi ganjil dan kopling kedua melayani setiap gigi genap
ditambah gigi mundur. Dilihat dari sisi konstruksi tiap gigi – gigi nya DSG ini
menggunakan konstruksi gigi manual yang mana tidak lagi membutuhkan clutch dan
brake. Bagaimana dengan pengoperasian shift fork dalam konstruksi gigi DSG?
Pihak Volkswagen tetap menggunakan Mechantronic untuk memerinthkan beroperasi
transmisi ini dengan menggunakan input-an dari pembukaan sudut throttle valve,
rpm, speed, ABS, DLL.
Keunggulan
Setelah melihat dan mempelajari konstruksi dari DSG ini, maka
dapat diambil kesimpulan adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh DSG ini
adalah sebagai berikut.
1.
Penerusan tenaga dari mesin menuju transmisi menjadi 1:1
sehingga tidak ada lagi tenaga yang terbuang
2.
Torsi yang dihasilkan menjadi lebih besar apabila dibandingkan
dengan kapasitas mesin yang sama dikelasnya.
3.
Konsumsi BBM yang pasti menjadi lebih irit (no power loss).
4.
Perpindahan gigi menjadi sangat cepat.
5.
Tidak ada lagi hentakan dalam setiap perpindahan gigi (Thanks to
twin clutch).
6.
Top Speed menjadi lebih tinggi dibanding kompetitor karena
kinerja mesin mejadi lebih efektif dan efisien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar