zombiee

zombiee

Sabtu, 09 Maret 2013

Teknologi DSG (Direct Shift Gearbox) VW







DSG yang memiliki kepanjangan Direct Shift Gearbox adalah teknologi yang diluncurkan oleh VolksWagen (Jerman, mobil rakyat) dan perkenalkan pertama kali kepada khalayak luas pada tahun 2003. DSG yang pertama kali diaplikasikan pada mobil VW Golf MK4 R32 ini memadukan segala keuntungan transmisi manual yang dikemas kedalam transmisi otomatis. Masih bingung apa yang penulis maksud??? Okay, mari kita bahas satu per satu.
Apa yang menjadi keunggulan pada transmisi manual dibanding dengan transmisi otomatis konvensional? Bensin lebih irit, lebih bertenaga, akselerasi lebih cepat, dan lebih kuat.
Namun, apa yang menjadi keunggulan transmisi otomatis konvensional dibanding dengan transmisi manual? Pengemudi tidak cepat lelah (tanpa pedal kopling), lebih memudahkan pengendara saat di tengah lalu lintas yang macet.
Nah, melihat dari kedua sisi inilah yang membuat Volkswagen menciptakan DSG dengan segala keunggulan transmisi manual. Apa yang ada didalam DSG??? Lets find it out.
Konstruksi
Dilihat dari sisi konstruksilah yang membuat penerusan tenaga yang dihasilkan mesin mampu diteruskan secara penuh 100% langsung menuju transmisi, hal ini bisa terjadi karena yang awalnya menggunakan torque converter dialihkan menggunakan plat kopling. Hal ini diadopsi dari kopling yang digunakan pada transmisi manual. Hal ini sangat berbeda dengan transmisi otomatis konvensional yang masih menggunakan torque converter yang tidak dapat meneruskan tenaga secara 100% atau 1:1. DSG juga menggunakan kopling ganda / twin clutch dalam pengoperasiannya ini membuat proses perpindahan gigi menjadi tidak ada hentakan dan berlangsung dengan sangat cepat karena kopling pertama melayani setiap gigi ganjil dan kopling kedua melayani setiap gigi genap ditambah gigi mundur. Dilihat dari sisi konstruksi tiap gigi – gigi nya DSG ini menggunakan konstruksi gigi manual yang mana tidak lagi membutuhkan clutch dan brake. Bagaimana dengan pengoperasian shift fork dalam konstruksi gigi DSG? Pihak Volkswagen tetap menggunakan Mechantronic untuk memerinthkan beroperasi transmisi ini dengan menggunakan input-an dari pembukaan sudut throttle valve, rpm, speed, ABS, DLL.

Keunggulan
Setelah melihat dan mempelajari konstruksi dari DSG ini, maka dapat diambil kesimpulan adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh DSG ini adalah sebagai berikut.
1.        Penerusan tenaga dari mesin menuju transmisi menjadi 1:1 sehingga tidak ada lagi tenaga yang terbuang
2.       Torsi yang dihasilkan menjadi lebih besar apabila dibandingkan dengan kapasitas mesin yang sama dikelasnya.
3.       Konsumsi BBM yang pasti menjadi lebih irit (no power loss).
4.       Perpindahan gigi menjadi sangat cepat.
5.        Tidak ada lagi hentakan dalam setiap perpindahan gigi (Thanks to twin clutch).
6.       Top Speed menjadi lebih tinggi dibanding kompetitor karena kinerja mesin mejadi lebih efektif dan efisien

Tidak ada komentar: